Cara paling aman mengambil gambar di Google

Adakah cara paling aman mengambil gambar dari Google untuk keperluan melengkapi artikel di blog?

Sebuah gambar bisa menjadi penghias tulisan di blog atau sebagai pendukung penjelasan dari sebuah tulisan agar lebih mudah dipahami.

Mendapatkan sebuah gambar pendukung tulisan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pencarian Google.

Tapi tidak semua gambar dari hasil pencarian Google bisa digunakan seenaknya di Blog, harus disaring dulu hasil pencariannya.

Ada cara paling aman untuk mengambil gambar dari Google dengan memanfaatkan fitur pencarian gambar yang di labeli untuk digunakan ulang.

Untuk memfilter hasil pencarian, Anda bisa mengklik pada ikon Tool, kemudian pada point Usage Rights, anda bisa memilih Labeled for reuse atau Labeled for reuse with modification.


Cara paling aman mengambil gambar di Google

Usahakan cari gambar free yang berlisensi CC0, dan tidak membutuhkan attribution. Salah satu tempat mencari gambar berlisensi CC0 adalah di Pixabay dan pxhere, Disini banyak gambar CC0 yang bisa anda temukan, gambarnya pun bagus-bagus.

Sedikit mengutip aturan penggunaan gambar berlisensi CC0 di Pixabay
Images and Videos on Pixabay are released under Creative Commons CC0. To the extent possible under law, uploaders of Pixabay have waived their copyright and related or neighboring rights to these Images and Videos. You are free to adapt and use them for commercial purposes without attributing the original author or source. Although not required, a link back to Pixabay is appreciated.”
Anda harus benar-benar memperhatikan point copyright ini karena ada yang perlu memberikan kredit link untuk gambar yang digunakan, ada juga yang lebih longgar terkait link sumber ini.

Flickr, Wikimedia, Maxpixel adalah beberapa contoh website yang menyediakan gambar yang bisa digunakan ulang secara gratis, tapi umumnya anda harus memberi link ke sumber gambar meskipun Licensi nya juga CC0.

Cara paling aman mengambil gambar di Google

Sebenarnya memberi link bukanlah hal yang sulit dan memberatkan. Anda bisa memberi link hidup atau link mati ke sumber gambar. Setidaknya ini menunjukan rasa terima kasih kepada pemilik gambar dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Hanya saja terkadang agak dilema juga ketika harus menyematkan link hidup untuk menginformasikan sumber gambar.

Dilemanya adalah ketika sumber tersebut mungkin sudah tidak valid atau sudah dihapus empunya, maka link yang kita sematkan akan menuju ke halaman 404. Link keluar yang menuju ke halaman 404 secara tidak langsung akan mempengaruhi performa dan kredibilitas Blog.

Sedangkan kalau hanya memasang link mati rasanya kurang etis.  Bagaimana menurut Anda?

0 Response to "Cara paling aman mengambil gambar di Google"

Posting Komentar