Perihal yang perlu diketahui dan ditanyakan sebelum menitipkan anak

Perihal yang perlu diketahui dan ditanyakan kepada pengelola Daycare sebelum memutuskan untuk menitipkan anak.

Penitipan anak adalah Salah satu opsi bagi wanita karier yang tidak memiliki waktu untuk menjaga dan merawat anak selain merekrut Baby Sitter.

Menyadari hal tersebut banyak pengusaha yang melirik peluang usaha Penitipan Anak dan membuat bisnis ini semakin menjamur.

Bagi orang tua, hal ini tentu saja memberikan pilihan Tempat Penitipan Anak yang beragam dengan berbagai rentang harga dan pertimbangan lainnya.

Anda harus benar-benar menentukan TPA yang cocok bagi anda dan juga buah hati anda. Apakah anda ingin tempatnya dekat dengan rumah atau dekat dengan lokasi kantor tempat kerja anda.

Setelah anda menentukan tempatnya, apakah anda bisa mengunjungi mereka sewaktu-waktu.

Sempatkan juga mengetahui lebih dalam tentang apa saja yang ada di Daycare pilihan anda, siapa pemiliknya, siapa saja yang bertugas mengasuh anak, jenis mainan apa saja yang dimiliki, bagaimana legalitasnya, dll.

Lakukan sedikit riset di Sosial Media, mungkin saja anda menemukan beberapa testimoni dari orang tua lain yang pernah menitipkan anaknya di Daycare yang anda pilih.

Pertanyaan penting untuk diketahui sebelum menitipkan anak

Untuk memudahkan anda menentukan pilihan tempat Penitipan Anak, berikut beberapa pertanyaan yang perlu anda ketahui informasinya terkait TPA yang anda pilih.

Tentang pembiayaan

Ini pertanyaan mendasar yang harus anda ketahui detailnya. Cari tahu berapa biaya yang perlu di keluarkan dan biaya apa saja yang diperlukan agar semua berjalan lancar.

Apakah ada biaya-biaya tambahan lainnya selain biaya wajib, mungkin Daycare pilihan anda menerapkan semacam biaya tambahan jika anda terlambat menjemput anak anda, atau saat anda terlambat membayar iuran bulanan misalnya.

Bagaimana dengan popok, lap, baju ganti, dll, apakah harus disediakan oleh orang tua atau di sediakan pihak TPA dengan tambahan biaya ekstra.


Bagaimana penerapan rasio pengasuhnya

Anda tentu tidak ingin anak anda terabaikan di tempat penitipan. Anak Balita masih membutuhkan perhatian konstan dan intens, sehingga rasionya harus serendah mungkin.

Idealnya satu pengasuh menjaga dan bertanggung jawab terhadap tiga Balita, tanyakan hal ini kepada pemilik TPA yang anda pilih.

Setiap TPA tentu memiliki kebijakan tersendiri terkait hal ini, namun rasio yang lebih kecil tentu akan lebih baik.


Seperti apa aktifitas hariannya

Anda ingin balita anda berkembang baik dengan stimulasi dan pembelajaran yang sesuai. Lihat jadwal hariannya, aktifitas apa saja yang akan dijalani balita anda selama berada di pusat Daycare tersebut.

Aktiftas seperti mendengarkan dongeng, bermain interaktif, melatih sensorik, atau bahkan mungkin kelas musik.

Lihat juga pengelompokan anak sesuai umur, apakah ada ruang tersendiri untuk anak yang lebih besar atau membaur menjadi satu.

Dengan mengetahui aktifitas di daycare, anda mungkin bisa juga menerapkan nya di rumah sehingga anak anda mendapat pembelajaran yang berkesinambungan.


Apakah setiap perkembangan bayi dicatat

Seorang Bayi mengalami banyak perkembangan ditahun pertamanya. Tanyakan program apa yang ada di pusat penitipan bayi untuk melacak dan mendorong bayi mencapai progress yang baik selama tumbuh kembangnya.

Apakah ada catatan khusus yang merekam perilaku sang Bayi selama berada di tempat penitipan tersebut, misalnya tahapan dia mulai merangkak, atau hari ini dia pertama kali dia terlihat bisa duduk sendiri, dll.


Bagaimana dengan kebersihannya

Kebersihan ruangan tempat bermain kebersihan makanan yang di sajikan menjadi hal berikutnya yang perlu di ketahui.

Penting juga mengetahui bagaimana prosedur pengolahan makanan yang akan di berikan pada Bayi.

Bagaimana jika terjadi alergi atau ketika bayi anda tampak menunjukan gejala sakit? apakah ada tenaga perawat atau staf khusus yang menangani hal ini, jika tidak, bagaimana prosedurnya.


Tempat Penitipan Anak bisa menjadi pilihan ideal untuk dijadikan “rumah kedua” bagi sang anak yang orang tuanya sibuk bekerja dan ketika baby sitter yang rekomended sulit didapat sedangkan sang Nenek tidak menerima penitipan cucu gratis.

Disana anak bisa mendapatkan ilmu baru atau melatih bersosialisasi dengan teman sebayanya di tempat Day Care.

Di day care sang anak juga mungkin bisa mendapat pelajaran-pelajaran dasar yang di butuhkan seperti pengetahuan dasar berhitung atau pun permainan-permainan yang dapat mengasah dan melatih otak anak (tergantung fasilitas daycare).

Lain halnya ketika menitipkan anak ke pengasuh/baby sitter yang tentu saja pola pengasuhannya berbeda dengan Tempat Penitipan Anak.

Setiap Orang tua apalagi seorang Ibu pastilah ingin mengasuh dan membesarkan anaknya sendiri. Tapi tuntutan hidup dan tuntutan pekerjaan sebagai wanita karir terkadang begitu menyita waktu.

Pilihan menitipkan anak, meskipun sulit, menjadi salah satu opsi yang harus diambil.

Meskipun begitu, anda harus kritis untuk urusan anak, pastikan anak anda merasa nyaman dan aman berada di tempat penitipan yang anda pilih.

0 Response to "Perihal yang perlu diketahui dan ditanyakan sebelum menitipkan anak"

Posting Komentar