Langsung ke konten utama

Perihal yang perlu diketahui dan ditanyakan sebelum menitipkan anak

Perihal yang perlu diketahui dan ditanyakan kepada pengelola Daycare sebelum memutuskan untuk menitipkan anak.

Penitipan anak adalah Salah satu opsi bagi wanita karier yang tidak memiliki waktu untuk menjaga dan merawat anak selain merekrut Baby Sitter.

Menyadari hal tersebut banyak pengusaha yang melirik peluang usaha Penitipan Anak dan membuat bisnis ini semakin menjamur.

Bagi orang tua, hal ini tentu saja memberikan pilihan Tempat Penitipan Anak yang beragam dengan berbagai rentang harga dan pertimbangan lainnya.

Anda harus benar-benar menentukan TPA yang cocok bagi anda dan juga buah hati anda. Apakah anda ingin tempatnya dekat dengan rumah atau dekat dengan lokasi kantor tempat kerja anda.

Setelah anda menentukan tempatnya, apakah anda bisa mengunjungi mereka sewaktu-waktu.

Sempatkan juga mengetahui lebih dalam tentang apa saja yang ada di Daycare pilihan anda, siapa pemiliknya, siapa saja yang bertugas mengasuh anak, jenis mainan apa saja yang dimiliki, bagaimana legalitasnya, dll.

Lakukan sedikit riset di Sosial Media, mungkin saja anda menemukan beberapa testimoni dari orang tua lain yang pernah menitipkan anaknya di Daycare yang anda pilih.

Pertanyaan penting untuk diketahui sebelum menitipkan anak

Untuk memudahkan anda menentukan pilihan tempat Penitipan Anak, berikut beberapa pertanyaan yang perlu anda ketahui informasinya terkait TPA yang anda pilih.

Tentang pembiayaan

Ini pertanyaan mendasar yang harus anda ketahui detailnya. Cari tahu berapa biaya yang perlu di keluarkan dan biaya apa saja yang diperlukan agar semua berjalan lancar.

Apakah ada biaya-biaya tambahan lainnya selain biaya wajib, mungkin Daycare pilihan anda menerapkan semacam biaya tambahan jika anda terlambat menjemput anak anda, atau saat anda terlambat membayar iuran bulanan misalnya.

Bagaimana dengan popok, lap, baju ganti, dll, apakah harus disediakan oleh orang tua atau di sediakan pihak TPA dengan tambahan biaya ekstra.


Bagaimana penerapan rasio pengasuhnya

Anda tentu tidak ingin anak anda terabaikan di tempat penitipan. Anak Balita masih membutuhkan perhatian konstan dan intens, sehingga rasionya harus serendah mungkin.

Idealnya satu pengasuh menjaga dan bertanggung jawab terhadap tiga Balita, tanyakan hal ini kepada pemilik TPA yang anda pilih.

Setiap TPA tentu memiliki kebijakan tersendiri terkait hal ini, namun rasio yang lebih kecil tentu akan lebih baik.


Seperti apa aktifitas hariannya

Anda ingin balita anda berkembang baik dengan stimulasi dan pembelajaran yang sesuai. Lihat jadwal hariannya, aktifitas apa saja yang akan dijalani balita anda selama berada di pusat Daycare tersebut.

Aktiftas seperti mendengarkan dongeng, bermain interaktif, melatih sensorik, atau bahkan mungkin kelas musik.

Lihat juga pengelompokan anak sesuai umur, apakah ada ruang tersendiri untuk anak yang lebih besar atau membaur menjadi satu.

Dengan mengetahui aktifitas di daycare, anda mungkin bisa juga menerapkan nya di rumah sehingga anak anda mendapat pembelajaran yang berkesinambungan.


Apakah setiap perkembangan bayi dicatat

Seorang Bayi mengalami banyak perkembangan ditahun pertamanya. Tanyakan program apa yang ada di pusat penitipan bayi untuk melacak dan mendorong bayi mencapai progress yang baik selama tumbuh kembangnya.

Apakah ada catatan khusus yang merekam perilaku sang Bayi selama berada di tempat penitipan tersebut, misalnya tahapan dia mulai merangkak, atau hari ini dia pertama kali dia terlihat bisa duduk sendiri, dll.


Bagaimana dengan kebersihannya

Kebersihan ruangan tempat bermain kebersihan makanan yang di sajikan menjadi hal berikutnya yang perlu di ketahui.

Penting juga mengetahui bagaimana prosedur pengolahan makanan yang akan di berikan pada Bayi.

Bagaimana jika terjadi alergi atau ketika bayi anda tampak menunjukan gejala sakit? apakah ada tenaga perawat atau staf khusus yang menangani hal ini, jika tidak, bagaimana prosedurnya.


Tempat Penitipan Anak bisa menjadi pilihan ideal untuk dijadikan “rumah kedua” bagi sang anak yang orang tuanya sibuk bekerja dan ketika baby sitter yang rekomended sulit didapat sedangkan sang Nenek tidak menerima penitipan cucu gratis.

Disana anak bisa mendapatkan ilmu baru atau melatih bersosialisasi dengan teman sebayanya di tempat Day Care.

Di day care sang anak juga mungkin bisa mendapat pelajaran-pelajaran dasar yang di butuhkan seperti pengetahuan dasar berhitung atau pun permainan-permainan yang dapat mengasah dan melatih otak anak (tergantung fasilitas daycare).

Lain halnya ketika menitipkan anak ke pengasuh/baby sitter yang tentu saja pola pengasuhannya berbeda dengan Tempat Penitipan Anak.

Setiap Orang tua apalagi seorang Ibu pastilah ingin mengasuh dan membesarkan anaknya sendiri. Tapi tuntutan hidup dan tuntutan pekerjaan sebagai wanita karir terkadang begitu menyita waktu.

Pilihan menitipkan anak, meskipun sulit, menjadi salah satu opsi yang harus diambil.

Meskipun begitu, anda harus kritis untuk urusan anak, pastikan anak anda merasa nyaman dan aman berada di tempat penitipan yang anda pilih.

Komentar

Loading...

Popular Posts

cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami ke…

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual

Mengendarai motor berkopling manual memiliki sensasi berbeda dibanding motor berkopling otomatis.

Motor-motor yang telah dilengkapi kopling manual sebagian besar di dominasi oleh motor sport mekipun sekarang telah banyak motor jenis underbond (bebek) yang mengadopsi sistem kopling manual.

Bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor yang bersistem kopling manual. Anda dapat menyimak informasi berikut ini sebagai referensi.

Untuk cepat bisa mengendarai motor kopling manual sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian penting dan sistem kerja motor kopling.

Tuas kopling pada sisi kiri stang kemudi berfungsi memutus daya motor keroda, jadi saat tuas kopling ini ditarik dan gigi transmisi pada posisi satu (masuk gigi) maka motor tidak akan bisa jalan meski gas di pelintir penuh.

Handel gas di stang bagian kanan berfungsi seperti motor pada umumnya, anda pasti sudah paham fungsinya.

Tuas Rem di kaki kanan, untuk rem belakang dan Tuas Rem stang sebelah kanan untuk rem depan. U…

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih re…

Cara membuat Bakso Ayam

Bakso. Siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging.

Berbagai kreasi isian bakso pun banyak ditemukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi.

Kali ini kitaakan coba resep cara bikin bakso dengan bahan dasar daging ayam. Bakso ayam putih telur ala rumahan.

Cara buat bakso ayam gampang banget tanpa pengawet atau pun borax. Tapi bakso ayam ini rasanya kenyal dan mantap banget.

Mari kita simak bersama, bagaimana cara membuat bakso ayam putih telur dan bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Bahan untuk membuat bakso ayam :

500gr daging ayam di potong - potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
85gr tepung kanji
50gr tepung maizena
2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
1/2 sdm garam atau sesuai selera
1/4 sdm gula …

Batagor kulit pangsit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk.... , langsung saja kita memulai memasak batagor kulit pangsit.

Bahan biang :

2 sdm tepung terigu
100ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih dihaluskan
Merica secukupnya
Bahan penyedap (kalo suka)
3 sdm minyak goreng


Cara memasaknya:

Masukkan semua bahan kedalam panci lalu rebus sampai meletup letup, angkat lalu tambahkan minyak …