Langsung ke konten utama

7 Tempat yang Terlewatkan saat Membersihkan KAMAR

Pekerjaan rumah tangga terkait urusan bersih-bersih mungkin bukan aktifitas favorit bagi Anda.

Tapi mau tidak mau anda perlu membersihkan rumah secara berkala seperti menyapu, mengepel, menyedot debu, mencuci pakaian, dll.

Bagian penting dari rumah yang perlu dibersihkan secara rutin adalah kamar tidur. Membersihkannya tidak hanya akan membuat kamar tidur tetap terlihat rapi tapi juga membuatnya tetap sehat.

Anda tentu tidak mau berbaring selama delapan jam dengan udara kamar yang penuh debu yang bisa mengganggu pernapasan atau malah menyebabkan gejala alergi atau asma.

Membersihkan kamar tidur tidak hanya sekedar merapikan sprei atau menyapu lantai. Jika Anda benar-benar ingin kamar tidur terbebas dari debu dan mengurangi sumber alergen, jangan lupa membersihkan 7 titik berikut ini yang sering terlewatkan ketika bersih-bersih kamar.

1. Kasur

Mungkin anda sudah mengganti sprei secara berkala, tapi apakah anda sempat membersihkan kasur anda?

Kasur bisa jadi tempat bersarang tungau, tempat mengendapnya debu, menyerap keringat dan minyak tubuh.

Saat mengganti sprei, sempatkan untuk membersihkan kasur, jemur jika memungkinkan.

Taburkan baking soda ke permukaan kasur dan diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan menggunakan vacum cleaner, langkah ini akan membuat kasur anda bersih dan bebas bau.


2. Kolong Tempat Tidur

Banyak orang membersihkan lantai kamar di sekitar tempat tidur tapi tidak di bawahnya. Tak mengherankan jika akhirnya di bawah tempat tidur menumpuk debu yang semakin tebal.

Luangkan sedikit waktu ekstra untuk membersihkan kolong tempat tidur dari debu. Manfaatkan selang penyedot debu untuk menjangkau sudut yang jauh di kolong.

Jika memiliki perangkat canggih seperti robot pembersih, pekerjaan seperti ini pasti akan semakin mudah.


3. Kolong Lemari

Jika anda menggunakan lemari baju tanpa kaki, anda bisa sedikit bernapas lega tapi jika lemari anda berkaki, kolong lemari Ini adalah area lain yang biasanya terlupakan saat membersihkan rumah.

Kolong lemari biasanya cukup sempit dan harus jongkok nungging-nungging untuk membersihkannya. Jangan lupa juga bagian atas lemari yang biasa menyimpan banyak debu.


4. Kipas Angin

Kipas angin menjadi teman terbaik ketika cuaca sangat panas menerpa di musim yang serba tak menentu dewasa ini.

Bilah kipas angin bisa mnjadi tempat debu menempel dan akan semakin menumpuk seiring waktu.

Bayangkan saja, saat anda menyalakan kipas angin untuk mendapatkan kesejukan di malam hari, debu tersebut akan terbang berhamburan ke seluruh ruangan dan akan mengendap ke seluruh tempat tidur anda lalu perlahan terhirup dan membuat bersin-bersin.

Kipas angin gantung lebih berpotensi menampung debu dan akan lebih mengejutkan lagi berapa banyak debu yang bisa mengendap di atas setiap bilahnya.

Untuk menjaga kamar tidur terbebas dari debu, sebaiknya anda membersihkan kipas angin 3 bulan sekali.

7 Titik yang terlewatkan saat membersihkan kamar, kipas, kolong lemari, bawah tempat tidur,


5. Jendela

Membersihkan bagian jendela juga sering terlupakan saat bersih-bersih kamar. Jika jendela kamar anda dilengkapi gorden, setap kali anda membuka atau menutupnya maka debu yang mengendap di gorden dapat terbang ke dalam kamar tidur anda.

Bersihkan gorden secara berkala, atau ganti jika ada cadangannya. Sempatkan juga membersihkan kaca dengan bantuan kain microfiber untuk menghilangkan debu yang terakumulasi di sela-sela bingkai kaca.


6. Bantal

Meskipun telah dilapisi sarung bantal, bantal tetap menyerap keringat, iler, dan minyak rambut.

Meskipun tidak semua jenis bantal bisa dicuci bukan berarti tidak bisa dibersihkan. Ada beberapa jenis bantal yang bisa dicuci, perhatikan label perawatan bantal anda secara spesifik.

Jika memang tidak mungkin di cuci seperti bantal yang berisi kapuk, anda bisa menjemurnya sambil di tepuk menggunakan sapu lidi atau menggunakan pemukul kasur yang biasa terbuat dari rotan.

Ini bisa membuat bantal bersih terbebas dari debu, tungau serta membuat bantal kembali mengembang dan nyaman digunakan kembali.


7. Gagang pintu dan saklar lampu

Berapa kali anda keluar masuk kamar tidur setiap harinya, membuka dan menutup pintu, menyalakan lampu atau mematikannya.

Lama kelamaan gagang pintu atau saklar lampu akan berkerak hitam karena keringat dan kotoran yang menempel.

Gunakan tisu basah atau larutan cuka dan air untuk membersihkannya, tapi ingat tetap hati-hati saat membersihkan saklar lampu, gunakan kain microfiber yang telah di teteskan larutan cuka plus air, jangan terlalu basah untuk menghindari kemungkinan tersetrum gunakan alas kaki.

Bersihkan sekalian juga knop laci atau lemari dan perabot kamar tidur anda.

Komentar

Popular Posts

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual

Mengendarai motor berkopling manual memiliki sensasi berbeda dibanding motor berkopling otomatis.

Motor-motor yang telah dilengkapi kopling manual sebagian besar di dominasi oleh motor sport mekipun sekarang telah banyak motor jenis underbond (bebek) yang mengadopsi sistem kopling manual.

Bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor yang bersistem kopling manual. Anda dapat menyimak informasi berikut ini sebagai referensi.

Untuk cepat bisa mengendarai motor kopling manual sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian penting dan sistem kerja motor kopling.

Tuas kopling pada sisi kiri stang kemudi berfungsi memutus daya motor keroda, jadi saat tuas kopling ini ditarik dan gigi transmisi pada posisi satu (masuk gigi) maka motor tidak akan bisa jalan meski gas di pelintir penuh.

Handel gas di stang bagian kanan berfungsi seperti motor pada umumnya, anda pasti sudah paham fungsinya.

Tuas Rem di kaki kanan, untuk rem belakang dan Tuas Rem stang sebelah kanan untuk rem depan. U…

cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami ke…

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih re…

Cara membuat Bakso Ayam

Bakso. Siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging.

Berbagai kreasi isian bakso pun banyak ditemukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi.

Kali ini kitaakan coba resep cara bikin bakso dengan bahan dasar daging ayam. Bakso ayam putih telur ala rumahan.

Cara buat bakso ayam gampang banget tanpa pengawet atau pun borax. Tapi bakso ayam ini rasanya kenyal dan mantap banget.

Mari kita simak bersama, bagaimana cara membuat bakso ayam putih telur dan bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Bahan untuk membuat bakso ayam :

500gr daging ayam di potong - potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
85gr tepung kanji
50gr tepung maizena
2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
1/2 sdm garam atau sesuai selera
1/4 sdm gula …

Batagor kulit pangsit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk.... , langsung saja kita memulai memasak batagor kulit pangsit.

Bahan biang :

2 sdm tepung terigu
100ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih dihaluskan
Merica secukupnya
Bahan penyedap (kalo suka)
3 sdm minyak goreng


Cara memasaknya:

Masukkan semua bahan kedalam panci lalu rebus sampai meletup letup, angkat lalu tambahkan minyak …