7 Tempat yang Terlewatkan saat Membersihkan KAMAR

Pekerjaan rumah tangga terkait urusan bersih-bersih mungkin bukan aktifitas favorit bagi Anda.

Tapi mau tidak mau anda perlu membersihkan rumah secara berkala seperti menyapu, mengepel, menyedot debu, mencuci pakaian, dll.

Bagian penting dari rumah yang perlu dibersihkan secara rutin adalah kamar tidur. Membersihkannya tidak hanya akan membuat kamar tidur tetap terlihat rapi tapi juga membuatnya tetap sehat.

Anda tentu tidak mau berbaring selama delapan jam dengan udara kamar yang penuh debu yang bisa mengganggu pernapasan atau malah menyebabkan gejala alergi atau asma.

Membersihkan kamar tidur tidak hanya sekedar merapikan sprei atau menyapu lantai. Jika Anda benar-benar ingin kamar tidur terbebas dari debu dan mengurangi sumber alergen, jangan lupa membersihkan 7 titik berikut ini yang sering terlewatkan ketika bersih-bersih kamar.

1. Kasur

Mungkin anda sudah mengganti sprei secara berkala, tapi apakah anda sempat membersihkan kasur anda?

Kasur bisa jadi tempat bersarang tungau, tempat mengendapnya debu, menyerap keringat dan minyak tubuh.

Saat mengganti sprei, sempatkan untuk membersihkan kasur, jemur jika memungkinkan.

Taburkan baking soda ke permukaan kasur dan diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan menggunakan vacum cleaner, langkah ini akan membuat kasur anda bersih dan bebas bau.


2. Kolong Tempat Tidur

Banyak orang membersihkan lantai kamar di sekitar tempat tidur tapi tidak di bawahnya. Tak mengherankan jika akhirnya di bawah tempat tidur menumpuk debu yang semakin tebal.

Luangkan sedikit waktu ekstra untuk membersihkan kolong tempat tidur dari debu. Manfaatkan selang penyedot debu untuk menjangkau sudut yang jauh di kolong.

Jika memiliki perangkat canggih seperti robot pembersih, pekerjaan seperti ini pasti akan semakin mudah.


3. Kolong Lemari

Jika anda menggunakan lemari baju tanpa kaki, anda bisa sedikit bernapas lega tapi jika lemari anda berkaki, kolong lemari Ini adalah area lain yang biasanya terlupakan saat membersihkan rumah.

Kolong lemari biasanya cukup sempit dan harus jongkok nungging-nungging untuk membersihkannya. Jangan lupa juga bagian atas lemari yang biasa menyimpan banyak debu.


4. Kipas Angin

Kipas angin menjadi teman terbaik ketika cuaca sangat panas menerpa di musim yang serba tak menentu dewasa ini.

Bilah kipas angin bisa mnjadi tempat debu menempel dan akan semakin menumpuk seiring waktu.

Bayangkan saja, saat anda menyalakan kipas angin untuk mendapatkan kesejukan di malam hari, debu tersebut akan terbang berhamburan ke seluruh ruangan dan akan mengendap ke seluruh tempat tidur anda lalu perlahan terhirup dan membuat bersin-bersin.

Kipas angin gantung lebih berpotensi menampung debu dan akan lebih mengejutkan lagi berapa banyak debu yang bisa mengendap di atas setiap bilahnya.

Untuk menjaga kamar tidur terbebas dari debu, sebaiknya anda membersihkan kipas angin 3 bulan sekali.

7 Titik yang terlewatkan saat membersihkan kamar, kipas, kolong lemari, bawah tempat tidur,


5. Jendela

Membersihkan bagian jendela juga sering terlupakan saat bersih-bersih kamar. Jika jendela kamar anda dilengkapi gorden, setap kali anda membuka atau menutupnya maka debu yang mengendap di gorden dapat terbang ke dalam kamar tidur anda.

Bersihkan gorden secara berkala, atau ganti jika ada cadangannya. Sempatkan juga membersihkan kaca dengan bantuan kain microfiber untuk menghilangkan debu yang terakumulasi di sela-sela bingkai kaca.


6. Bantal

Meskipun telah dilapisi sarung bantal, bantal tetap menyerap keringat, iler, dan minyak rambut.

Meskipun tidak semua jenis bantal bisa dicuci bukan berarti tidak bisa dibersihkan. Ada beberapa jenis bantal yang bisa dicuci, perhatikan label perawatan bantal anda secara spesifik.

Jika memang tidak mungkin di cuci seperti bantal yang berisi kapuk, anda bisa menjemurnya sambil di tepuk menggunakan sapu lidi atau menggunakan pemukul kasur yang biasa terbuat dari rotan.

Ini bisa membuat bantal bersih terbebas dari debu, tungau serta membuat bantal kembali mengembang dan nyaman digunakan kembali.


7. Gagang pintu dan saklar lampu

Berapa kali anda keluar masuk kamar tidur setiap harinya, membuka dan menutup pintu, menyalakan lampu atau mematikannya.

Lama kelamaan gagang pintu atau saklar lampu akan berkerak hitam karena keringat dan kotoran yang menempel.

Gunakan tisu basah atau larutan cuka dan air untuk membersihkannya, tapi ingat tetap hati-hati saat membersihkan saklar lampu, gunakan kain microfiber yang telah di teteskan larutan cuka plus air, jangan terlalu basah untuk menghindari kemungkinan tersetrum gunakan alas kaki.

Bersihkan sekalian juga knop laci atau lemari dan perabot kamar tidur anda.

Loading...

0 Response to "7 Tempat yang Terlewatkan saat Membersihkan KAMAR"

Posting Komentar