Tips membuat anak Sibuk, agar Anda bisa beraktifitas

Bagaimana membuat anak tetap sibuk sehingga anda bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah dengan aman dan tenang.

Balita dan anak usia dua tahun adalah mahluk yang paling sibuk, mereka sibuk menarik-narik isi lemari, sibuk memeriksa isi meja anda. Singkatnya mereka sibuk membuat anda sibuk dengan kekacauan yang dibuatnya.

Bermain adalah salah satu kesibukan yang di kerjakan oleh anak Balita maupun anak Batita.

Ketika anak anda sedang bermain, mereka mungkin tidak menyadari keberadaan anda dan sudah mengabaikan anda. Nah saat inilah anda mungkin bisa sedikit bergerak menyelesaikan pekerjaan yang terbengkalai.

Berikan mainan

Meskipun sedang bermain, biasanya anak batita akan tetap memastikan ada yang menemaninya.

Ada beberapa permainan yang bisa membuat anak fokus dan sibuk dengan dunianya hingga tidak peduli lagi apakah anda menemaninya atau tidak.

Palstisin, malam atau Play-douh bisa membuat mereka sibuk berkreasi dengan imajinasinya.

Anak umur 2 tahun atau lebih, biasanya tidak butuh bantuan untuk memainkan benda ini.

Dengan tekstur yang liat dan dapat di bentuk menjadi bermacam-macam kreasi di tambah lagi warna-warni yang menarik membuat anak bisa asyik memainkannya.

Meskipun mainan ini tergolong aman, anda tetap harus mengawasi anak anda ketika memainkannya, mungkin saja mereka mencoba memakannya.

mainan anak agar mereka sibuk


Mewarnai

Berikan buku mewarnai dengan setumpuk pensil warna atau krayon untuk membuat anak anda sibuk.

Aktifitas mewarnai bisa membuat anak sibuk beberapa waktu dan andapun apat menyelesaikan pekerjaan anda sambil mengawasi mereka tanpa harus duduk didekatnya.


Main Air

Tidak ada anak yang menolak ketika diberi kesempatan bermain air. Siapkan bak atau kalau ada kolam karet mini di pekarangan rumah dengan beberapa mainan, dan pastikan mereka bermain dengan aman disana.

Pastikan juga area bermain air yang anda buat tidak licin agar anak anda aman dari kemungkinan terpeleset. Pastikan juga cuaca mendukung, hindari kalau cuaca lagi mendung dan musim hujan.

Ingatkan juga agar mereka tidak keluar-masuk rumah saat bermain agar tidak membuat lantai rumah menjadi becek yang malah akan menambah pekerjaan.


Main Hape

Mungkin ini masih menjadi kontroversi dari berbagai kalangan terkait penggunaan smartphone pada anak kecil.

Selama diawasi dan dibatasi, mungkin masih bisa di toleransi asal jangan sampai anak kecanduan dengan permainan di hape. Yaa.... agak dilema juga ya...

Anda bisa menginstal permainan yang sesuai dengan umur anak anda, anda bisa melakukan sedikit pencegahan agar mereka tidak mengacak-ngacak ponsel anda.


Itulah 4 cara bagaimana membuat anak sibuk, untuk memberi kesempatan anda menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Bagaimana dengan anda, apakah anda punya trik tersendiri? Silakan berbagi melalui kolom komentar.

Click to comment