8+ Cara Mengatasi iklan Adsense yang kadang Muncul kadang BLANK

Banyak publisher Adsense yang mengalami masalah terkait penayangan iklan Adsense yang tampil setengah hati, kadang tampil iklan kadang blank.

Ini sudah lama terjadi, setidaknya sejak pertengahan tahun lalu dan perlahan mulai banyak yang menyadarinya sekitar akhir tahun lalu, hingga kini masalah tersebut masih belum teratasi.

Iklan yang kadang tampil, kadang blank ini tentu berdampak pada penghasilan publisher Adsense.

Ada yang bilang bahwa iklan adsense tidak tayang pada posting terbaru dan akan tayang normal setelah postingan tersebut terindex oleh Google.

Tapi ada juga yang mengalami masalah iklan adsense Blank pada postingan yang sudah lama dan menjadi Postingan Populer di Blognya.

Beberapa publisher juga menganalisa terjadinya iklan Blank setelah melakukan perubahan protocol dari HTTP ke HTTPS.

mengatasi iklan adsense kadang kosong kadang blank

Jadi bagaimana mengatasi iklan Adsense yang kadang muncul kadang Blank ini?

Mengingat penyebab pastinya belum ketahuan, jadi kita hanya bisa bereksperimen sambil menunggu teknisi adsense memperbaiki masalah ini.

Cara mengatasi iklan Adsense yang kadang Blank


rubah type iklan agar mengatasi kadang blank kadang muncul
  1. Yang bisa anda coba lakukan adalah dengan mengatur Ad type pada Ad unit iklan adsense anda. Coba anda atur agar unit iklan anda hanya menampilkan iklan Image saja.

    Kemungkinan dengan begini script adsense tidak terlalu bingung mencarikan iklan yang akan di tampilkan dari inventory yang ada.

    Karena anda sudah menjelaskan/menyuruhnya menampilkan iklan Image saja, biar bot adsense gak bingung mau nampilkan iklan.

    Mungkin saking bingungnya ngubek-ngubek inventory iklan untuk mengisi slot yang ada, load wadah unit iklan sudah selesai tapi iklan yang akan di tampilkan belum juga di tentukan akhirnya blank.

  2. Buat unit baru. Coba buat Unit baru jika cara diatas tidak membuahkan hasil.

  3. Coba pasang unit iklan anda yang paling lama, pilih type script syncronous. Karena mungkin unit iklan lama anda sudah dikenal Google dan memiliki data history di database-nya.

  4. Coba pakai unit iklan yang di pasang langsung dari pengaturann Tata Letak (khusus blogspot).

  5. Coba gunakan iklan dengan ukuran tetap, atau responsif saja. Hindari mencampur iklan responsif dan iklan berukuran tetap (300x250,336x280,dll) dalam satu halaman.

    Mungkin saja Script nya sedang crash, karena kita tahu Google banyak melakukan uodate belakangan ini seperti HTTPS dan AMP serta upload logaritma berkala seperti biasanya, sedangkan script Adsense begitu-begitu saja.

  6. Lihat kembali inventory iklan di dashboar Adsense. Barapa banyak iklan yang sudah anda Blokir. Belakangan ini lagi trend iklan aceng yang bisa dipakai 4 jam, sehingga publisher berbodong-bondong melakukan tindakan.

    Mungkin anda terlalu banyak memblokir iklan tersebut sehingga inventory iklan yang bisa di tayangkan menjadi sedikit. Coba di ingat kembali apakah sebelum memblokir iklan, gejala iklan blank sudah terjadi di blog anda.

  7. Kurangi jumlah iklan yang dipasang pada halaman blog. Coba pasang dua atau tiga iklan saja dan lihat perkembangannya selama minimal 3 minggu kedepan.

  8. Jika anda baru saja merubah protocol web dari HTTP ke HTTPS, daftarkan alamat blog versi HTTPS ke webmaster untuk membantu mempercepat recrawling.

  9. Lepas iklan beberapa saat (3 mingguan), cara ini beresiko kehilangan penghasilan tapi perlu di coba.

  10. Pasang unit iklan Text saja, karena type iklan text lebih ringan dan cepat di Load Browser.

  11. Banyak dan perbanyak berdoa, semoga Tuhan melimpahkan Rejekinya kepada kita semua, Amiin.
Itulah cara mengatasi iklan adsense yang kadang muncul kadang blank. Cara ini sederhana dan bisa anda coba tanpa resiko, meskipun efektifitasnya tidak terjamin.

Untuk membuktikannya anda bisa membuka beberapa halaman di Blog ini, jika iklan cenderung tampil dengan stabil maka anda bisa mencoba salah satu cara diatas.

Tapi jika ternyata tetap ada unit iklan yang blank, ABAIKAN saja panduan tips dalam artikel ini dan kita tunggu saja semoga teknisi Adsense segera melakukan perbaikan.

Semoga bermanfaat dan happy earning.

Click to comment