Salah pilih Niche, bikin blog Sepi

Membangun blog dengan tema khusus yang sangat spesifik memiliki keterbatasan dalam hal jumlah konten yang akan dibahas.

Jika konten yang dibahas tersebut memiliki banyak peminat dan dibutuhkan banyak orang, bisa jadi blog tersebut akan sukses dan akan menghasilkan banyak pundi-pundi jika di monetize dengan iklan.

Tapi jika ternyata salah memilih niche maka malah akan membuat pekerjaan terasa sia-sia.

Banyak yang bilang kalau blog Niche itu dapat lebih menghasilkan dari pada blog gado-gado. Tapi semua kembali lagi pada Niche yang di jadikan fokus pada blog tersebut.

Katakanlah sebuah blog ber Niche otomotif yang lebih khusus membahas tentang sepeda motor tapi lebih mengambil spesialisasi tentang mesinnya dan lebih fokus ke sistem Transmisi sebagai topik utama.

Secara teori, orang yang kemungkinan mencari informasi tentang motor akan sangat banyak, mengingat pasar motor di Indonesia memiliki persaingan dan penjualan cukup tinggi.

Sepanjang tahun 2016 tercatat sebanyak 5.931.285 unit kendaraan terjual.

Dari sini, Niche sepeda motor tampaknya cukup menjanjikan, tapi coba lihat lagi persaingannya.

Telah banyak blog-blog terkenal dan website besar yang membahas tentang otomotif secara umum dan tentang sepeda motor secara khusus.

Jika anda mencoba masuk di segmen ini dan berfokus pada Transmisi-nya saja misalnya, maka anda perlu menembus persaingan ketat dengan website besar yang sudah duluan ada, karena mereka pasti juga memiliki sub-bahasan yang mengulas tentang mesin motor khususnya lagi transmisi.

Jika anda merasa mampu menyajikan informasi lebih mendalam dengan review yang lebih tajam dan mengupas lebih detail tentang mesin motor, maka anda bisa mencoba menyasar niche ini.

Katakanlah anda mampu membedah semua tentang transmisi motor dari berbagai merk dan type.

Bahkan anda pun mampu menyajikan tulisan yang fresh dengan gambar asli hasil jepretan kamera yang belum pernah ada di Google, pertimbangan selanjutnya adalah bagaimana memonetisenya agar menghasilkan. Tapi apakah topik tersebut memang banyak di cari orang.

salah pilih niche bikin blog sepi

Tidak bisa dipungkiri salah satu tujuan membuat blog super high quality adalah agar bisa dijadikan sumber penghasilan, dan salah satu yang paling diharapkan adalah menjadi mitra Adsense selain menawarkan slot iklan secara mandiri.

Google adsense adalah salah satu yang banyak menarik minat webmaster untuk memonetise blognya karena nama besar google yang membuat para publisher yakin kerjasama ini tidak berakhir ZONK.

Sebenarnya banyak perusahaan lain selain adsense yang bisa dijadikan pilihan untuk memonetise blog, tapi sedikit terbesit keraguan jangan-jangan~jangan-jangan.

Ditambah vendor lain tidak memiliki koleksi iklan yang beragam seperti google adsense.

Niche otomotif meskipun sangat spesifik, mungkin masih berpeluang di monetise dan menghasilkan.

Tapi produk otomotif biasanya tidak promosi sepanjang tahun, jadi ada masa-masa dimana pengiklan untuk segmen otomotif sangat minim sehingga mempengaruhi penghasilan.

Tapi bagaimana misalnya jika anda membuat blog dengan Niche super spesifik Seperti Niche gerhana matahari total, yang mungkin baru bisa ramai 10 tahun sekali atau niche pernak pernik tahun baru yang hanya ramai pas akhir tahun.

Dan saat momennya tiba pun, blog dan website besar yang bersifat gado-gado tak ketinggalan membahasnya.

Blog super spesifik buatan anda bisa saja malah tenggelam di search engine dan tetap sepi meskipun saat yang ditunggu-tunggu telah tiba.

Jadi penentuan Niche Blog yang akan di bangun haruslah benar-benar di pertimbangkan tingkat persaingannya, agar bisa menghasilkan sesuai harapan.
Salah pilih niche bisa bikin blog Sepi, tantukan topik yang Tepat atau "Gado-gado"kan sekalian.

Click to comment