Usaha cetak Foto Ekspres, Peluang usaha dengan Modal Kecil

Jasa Cetak Foto menjadi salah satu bidang usaha yang bisa digeluti jika anda ingin memulai sebuah usaha dengan modal minim.

Pas Foto banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan, baik yang sifatnya resmi maupun non formal.

Banyak orang membutuhkan Pas Foto untuk sekedar melengkapi syarat-syarat berkas melamar kerja, mendaftar sekolah, pelengkap di kartu pengenal ujian, dll.

Sementara jika harus cetak di Lab Foto ternama pastilah mahal dan butuh waktu. Setidaknya jika cetaknya pagi, nanti siang/sore baru bisa diambil hasilnya.

Nah disinilah Jasa Cetak Foto ekspress dibutuhkan, dimana proses cetak murah, praktis, efektif, efisien dan yang penting Ekspress.

Selain cetak foto, Anda bisa sekalian menerima jasa edit warna background untuk pas foto dengan mematok biaya Rp. 5000 per foto misalnya.
Usaha cetak Foto Ekspres

Perkiraan perhitungan biaya cetak foto kurang lebih seperti berikut ;

Satu lembar kertas foto berukuran A4 bisa menampung sekitar 90 foto ukuran 2x3. Sedangkan harga kertas Foto merk BluePrint 230 gr sekitar 25-30ribu, isi 20 lembar. Jadi jika dihitung, modal selembar kertasnya bisa Rp. 1.500.

1500/90 = 16 Rupiah per lembar untuk cetak foto ukuran 2x3, + tinta + listrik + dll.

Dai sini kemudian Anda bisa mematok 5.000 per 5 lembar foto ukuran 2x3 atau sesuaikan dengan harga pasaran di daerah anda.

Karena ukuran pas foto relatif kecil, anda harus menjualnya secara paket atau minimal order. Entah sepaket 4-5 lembar untuk satu ukuran pas foto atau kombinasi/campur.

Jangan sampai anda menerima orderan cetak foto 2x3, satu lembar saja. Bisa rugi, kecuali kalau anda menjualnya 2000 perlembar foto uk 2x3.

Seiring berkembangnya teknologi kamera di ponsel, makin banyak pula pengguna ponsel yang ingin merealisasikan hasil fotonya kedalam bentuk fisik (dicetak), sehingga bisa di bingkai, dipajang dan dilihat sewaktu-waktu.

Oleh karenanya, Andapun tidak hanya menerima cetak foto berukuran pas foto saja, anda bisa juga melayani jasa cetak foto berukuran 2R, 3R, 4R, 5R dan maksimal 10R karena kemampuan printer seperti Canon IP2770 maksimal adalah ukuran Folio/A4.

Jika anda ingin menerima cetak foto yang berukuran lebih besar, anda bisa membeli printer ukuran A3 seperti Epson L1300.

Usaha Cetak Foto ini tergolong kedalam salah satu usaha yang bermodal kecil tapi potensi penghasilannya bisa maksimal apalagi jika lokasi yang dipilih sangat strategis seperti dekat dengan area Sekolah, Kampus atau Kompleks Perkantoran.

Budget yang perlu di persiapkan untuk mengawali usaha ini sekitar 5-6juta untuk membeli printer dan Komputer serta peralatan penunjang lainnya.

Angka tersebut tentu tidak terhitung sewa tempat, karena biaya sewa tempat relatif, tergantung lokasi strategisnya.

Pas foto hasil cetak ekspress seperti ini tentu bukan untuk dokumen resmi tapi hanya sekedar untuk keperluan insidentil dan non formal.

Untuk dokumen-dokumen resmi yang sifatnya seumur hidup (Ijasah, Akte Nikah, dll) memang sangat tidak dianjurkan.

Sebaiknya untuk keperluan tersebut, sarankan pelanggan anda untuk mencetaknya di Lab Foto ternama seperti Kodak atau Fuji Film karena daya tahannya telah teruji.

Karena daya tahan tinta printer standart umumnya tidak sebaik foto hasil cetakan Lab Foto ternama.

Kecuali jika anda menggunakan Tinta dan Kertas Foto khusus, meskipun dengan printer rumahan bisa menghasilkan hasil cetak yang tak kalah dengan Lab Foto, tapi jatuhnya malah mahal juga.

Sebenarnya foto hasil cetakan printer rumahan sekelas Canon IP2770, Epson T11 dan semacamnya, bisa bertahan hingga 5 tahun apalagi jika dismpan dalam album foto, asalkan tidak terkena air dan tidak langsung terpapar matahari.

Itulah informasi mengenai usaha cetak foto dengan modal minim namun potensi penghasilannya lumayan menjanjikan. Semoga bermanfaat.

Click to comment