5 menu masakan khas yang kaya rempah dan bergizi

Menu makanan khas Indonesia pada umumnya memiliki tingkatan Gizi yang memadai. Di beberapa kota di Indonesia kita akan sangat mudah menemukan bahan makanan yang masih segar dan fresh apalagi untuk jenis Ikan dan sayuran.

Aneka sayuran banyak di jual di pasar dalam keadaan segar langsung dari kebun atau sawah. Begitu juga dengan ikan, tak sedikit ikan yang dijual di pasar adalah hasil melaut para nelayan di malam harinya, apalagi yang tinggal di kota-kota dekat dengan pantai.

Dari situlah tercipta berbagai masakan khas Indonesia yang kaya rempah dan bergizi karena semua bahan-bahannya adalah hasil bumi sendiri yang di olah dan di rawat oleh tangan-tangan terampil para petani atau para nelayan yang sudah mewarisi kemampuannya secara turun temurun.

Berikut 5 menu masakan dari sekian banyak menu masakan khas Indonesia yang di masak dengan berenka rempah-rempah dan tentu saja memiliki nilai gizi yang tinggi.

1. Ikan Bakar

Ikan adalah menu makanan yang paling segar yang bisa di temukan di Indonesia, tidak mengherankan karena faktor geografis yang sangat mendukung. Ikan laut dan ikan air tawar sangat mudah di temukan dalam kondisi segar di Indonesia.

Menu ikan bakar pun menjadi pilihan yang sangat banyak diminati. Dihidangkan bersama ulekan sambal yang khas serta dilengkapi lalapan, siapa yang bisa menolak godaannya.


2. Steak Tempe

Menu olahan tempe ini merupakan olahan hasil naturalisasi dari steak daging yang populer di luar negeri.

Makanan berbahan dasar tempe inijelas sudah sangat terkenal kandungan gizinya di tambah campuran berbagai rempah semakin membuatnya memiliki taste yang spesial. Jika anda penasaran dengan rasanya, Steak tempe bisa anda buat sendiri dirumah.


3. Nasi Goreng

Nasi goreng hampir selalu ada dalam daftar menu rumah makan baik skala kaecil maupun rumah makan sekelas restoran besar.

Pada dasarnya semua nasi goreng tidak jauh berbeda dari segi cara pengolahannya, namun campurannya yang beragam dan cara penyajiannya yang berbeda bisa membuat sensasi rasa yang berbeda pula.


4. Gado-Gado

Makanan khas dengan berbagai campuran sayuran didalamnya dan dilumuri bumbu kacang yang menggoda bisa membuat kenyang tanpa melupakan suplai gizi yang baik bagi tubuh.

Gado-gado biasanya dilengkapi dengan lontong dan telur dan harganya relatif murah. Konon bumbu kacang gado-gado yang di ulek lebih enak dibanding bumbu yang di blender. 

Yang di uleg memang lebih mantap tapi proses pembuatannya lebih lama dari pada yang bumbu hasil blender. 

Itulah mengapa sekarang cukup jarang menemukan penjual gado-gado yang siap dengan ulekan di warungnya. Karena prosesnya lama, lain dengan blender yang bumbunya sudah siap, tinggal di tuangkan ke campuran sayur, lontong dan telur. Pelanggan pun tidak perlu menunggu lama pesanan gado-gadonya di buat.

Tapi semua kembali keselera masing-masing, dan semuanya sama-sama lezat dan nikmat, mau blender ataupun uleg.


5. Gudeg

Menu makanan khas Jogja ini termasuk masakan tradisional yang tidak melupakan unsur kandungan gizi bagi penikmatnya. 

Makanan berbahan nangka muda yang memiliki proses masak yang sangat panjang ini memiliki rasa dan warna yang khas.

Semakin mantap dengan tambahan telur rebus dan suwiran daging ayam plus nasi hangat dan sambal.


Itulah 5 menu makanan khas Indonesia yang kaya rempah dan tak lupa juga memiliki nilai gizi yang tinggi.

Click to comment