Bagaimana sebenarnya cara orang dapat uang dari Blog

Mendapatkan uang sekarang ini bisa dikatakan relatif lebih mudah, terlepas dari usaha dan amal ibadah masing-masing individu yaa..

Pasalnya untuk berusaha mendapatkan uang kita tidak lagi harus keluar rumah kelayapan kesana kemari, yaa meskipun tetap lebih afdol jika bertebaran di muka bumi untuk mencari rezeki.

Sebenarnya dari rumah pun kini kita bisa berusaha berikhtiar untuk mengais rejeki yang konon katanya gak kemana-mana itu.

.....“Kalau rejeki ga akan kemana

Adalah salah satu ungkapan yang paling sering kita dengar di berbagai kesempatan.

Banyak sekali informasi yang kita dapat terkait cara mudah mendapat uang meskipun hanya dari rumah.

Salah satu cara menghasilkan uang dari rumah adalah melalui media internet, salah satunya melalui sebuah Blog, orang biasa menyebut para praktisi di bidang ini sebagai Blogger.

cara dapat uang dari blog

Mungkin anda kemudian menjadi penasaran, bagaimana sebenarnya cara orang mendapatkan uang dari Blog?

Untuk dapat memberi anda gambaran singkat tentang bagaimana proses seorang Blogger kemudian bisa menghasilkan uang melalui Blog

Berikut ini langkah-langkah proses yang di lakukan hingga sesorang bisa mulai menghasilkan uang dari Blog.

#1 Membangun Blog

1. Merencanakan sebuah Blog

Merencanakan Blog yang ingin dibangun meliputi topik bahasan yang ingin di ulas kedala blog, CMS yang ingin digunakan, dll.


2. Memilih Platform

Banyak platform blog yang bisa digunakan untuk membangun sebuah blog. Meskipun namanya Blogger bukan berarti harus menggunakan Platform dari Blogger.com. anda bisa memilih platform Wordpress, Joomla, atau lainnya.

Tapi saran kami anda sebaiknya memilih platform Blogspot atau wordpress karena kedua CMS ini yang paling banyak digunakan oleh Blogger di seluruh dunia sehingga anda lebih mudah mendapat penduan yang di perlukan ketika terjadi masalah saat membangun Blog.

Untuk Blogspot bisa digunakan secara gratis dan anda bisa mengembangkannya tanpa harus membeli domain.

Sedangkan jika anda menggunakan CMS Wordpress maka anda harus menyewa Hosting dan otomatis sekaligus Domain.


3. Menentukan nama Domain

Setelah menentukan CMS yang ingin digunakan, selanjutnya anda harus membuat nama Domain agar Blog anda mudah di temukan.

Jika anda menggunakan CMS Blogspot maka nama domain anda akan bisa langsung diakses dengan alamat www.contohnamablog.blogspot.com.

Jika anda memilih CMS Wordpress maka anda harus langsung membeli/menyewa Top Level Domain sesuai keinginan, sebaiknya pilih TLD Com, Net, Org, Id. Hindari memilih domain yang kurang umum di gunakan.

Pastikan nama domain anda mudah diingat, mudah di baca, mudah di ucapkan. Ini bertujuan agar anda lebih mudah mempromosikannya kelak saat proses pengembangan.


4. Menentukan Template Blog

Template/tampilan Blog yang menarik akan memberi kenyamanan bagi pengunjung blog anda dan betah berlama-lama menjelajahi seluruh isi konten dalam blog anda.

Kalau memungkinkan, gunakan template berbayar, karena template berbayar biasanya sudah di optimalkan dari berbagai lini oleh pembuatnya dan anda juga bisa minta bantuan jika menghadapi kendala saat mengkostumise template tersebut.

Urusan tampilan ini sangat penting untuk di perhatikan, karena dari sinilah faktor penentu pengunjung akan bertahan atau close tab.

Jadi usahakan untuk membuat pengunjung senyaman mungkin, mulai dari pilihan warna yang lembut, susunan navigasi tertata rapi, dan jangan tambahkan pernak-pernik yang tidak perlu seperti efek salju yang berlarian kesana kemari atau backsound musik yang menyedot kuota pengunjung.

Ada tuh yaa blog yang di pasangi musik, jadi pas di buka musik nya nyala, selain bikin kaget juga menghabiskan kuota maka reflek tangan menekan tombol close atau tombol back. Anda tidak mau kan pengunjung blog kabur karena kaget.


5. Mulai menulis

Tampilan sudah kece, selanjutnya mulai menulis.

Yes, tugas utama Blogger adalah menulis. Jadi kedepannya anda akan sibuk menulis sesuai dengan Tema Blog yang sudah anda rencanakan tadi.

Tulis konten menarik sesuai hobi, minat, bakat atau keseharian yang sekiranya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Yang terpenting adalah, jangan menayangkan tulisan hasil Copas dari Blog lain atau dari media Offline sekalipun dan jangan juga menuliskan informasi Hoax.


6. Mempromosikan Blog

Tampilan sudah bagus, konten sudah banyak, selanjutnya mencari pengunjung. Sebenarnya dengan konten berkualitas dan menarik saja sudah akan mendatangkan pengunjung dengan sedirinya dari mesin pencari.

Tapi ini bisa dimaksimalkan dengan mempromosikan blog dengan cara tepat dan elegan.

Promosi blog bisa dilakuan melalui forum yang masih memiliki topik yang sama dengan bahasan di blog anda.

Setiap ada kendala yang dihadapi oleh anggota forum, anda bisa membantu mengatasinya jika kompeten, maka secara perlahan orang akan penasaran dengan profil anda dan mulai menelisik alias Kepoin siapa anda sebenarnya.

Nah dari sini blog anda bisa mendapat pengunjung dengan cara elegan dan cantik tanpa harus nyepam sana-nyepam sini.


7. Membangun komunikasi

Membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung blog, membalas setiap komentar yang masuk adalah cara mudah menjalin komunikasi dengan pengunjung blog.

Upaya ini bisa membangun loyalitas pengunjung dan secara tak langsung menjadi sarana promosi word of mouth yang powerfull.


#2 Monetise Blog

Akhirnya sebuah Blog pun berhasil dibangun, lalu dari mana penghasilan para Blogger??

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, menghasilkan uang dari BLOG, biasa juga di kenal dengan Monetise Blog.

Para Blogger biasanya mendapat penghasilan dari :

1. Penayangan Iklan

Sama seperti media lain seperti koran, majalah, yang menyediakan kolom iklan, Blog juga bisa di monetise dengan iklan yang dapat di tawarkan secara mandiri oleh pemilik blog ke perusahaan yang sedang promosi atau dengan bergabung ke jaringan periklanan seperti Adsense, Adnow, Ambient, dll.

Untuk jaringan periklanan, Google Adsense menjadi favorit bagi para blogger untuk memonitse Blognya. Karena selain nama besar Google, jaringan yang luas dan tentu saja pasti membayar.

Tapi bergabung ke dalam jaringan periklanan Adsense tidaklah mudah, beberapa Blogger bahkan harus mencoba puluhan kali hingga keterima sebagai penayang Adsense tapi beberapa Blogger lain, sekali daftar langsung di terima.

Jadi tidak ada patokan pasti terkait tingkat kesulitannya, jadi coba saja, mungkin anda termasuk yang memiliki usaha dan amal ibadah yang baik.


2. Menjalankan Affiliasi

Metode manghasilkan uang dari Blog yang satu ini agak jarang di geluti Blogger Lokal, metode ini labih banyak di terapkan oleh para Blogger interlokal alias luar negeri.

Bisnis Affiliasi relatif lebih kompleks dan presentase keberhasilannya tergantung sebagaimana anda bisa mengarahkan pengunjung untuk mengklik tautan affiliasi yang anda sisipkan kedalam konten yang anda buat.

Bingung kan???

Sederhananya begini….

Anda harus bisa membuat orang membeli di toko online A melaui konten yang anda buat.

Komisi bisa anda dapatkan jika pengunjung tersebut membeli di toko online A karena tautan yang anda berikan.

Jadi, jika pengunjung blog anda mengklik tautan yang di sisipkan dalam konten blog anda tapi tidak melakukan apa-apa di toko online A, maka anda tidak mendapatkan apa-apa.

Tapi biasanya Chace Browser pengunjung tadi masih akan tersimpan selama 30 hari. Jadi, jika dua hari kedepan ternyata pengunjung tadi membeli di toko online A meskipun tidak melewati Blog anda lagi, maka anda akan mendapat komisi.

Komisi penjualan dari bisnis Affiliasi ini lumayan besar bisa sampai 20 % dari harga jual barang. Apalagi untuk produk E-book, komisinya bisa sampai 50%.

Website toko online yang terkenal menyediakan peluang affiliasi adalah Amazon, Clickbank, dll.


3. Program Berlangganan

Biasanya ini diterapkan oleh media masa online yang menyuguhkan berita terkini. Jadi pengunjung yang ingin mendapatkan berita terbaru terupdate dan tergress, harus masuk ke member area dan untuk jadi member harus berlangganan.

Tapi sepertinya metode itu kurang efektif karena informasi terupdate sekarang bisa didapatkan dari berbagai sumber yang banyak sekali dengan hanya bermodalkan kata kunci di mesin pencari.

Metode menghasilkan uang dengan produk berlangganan bisa di terapkan jika anda memiliki Blog yang membahas tentang strategi khusus yang tidak banyak di bahas di luaran sana.

Seperti strategi khusus untuk mengahsilkan 1000 Dollar dari adsense hanya dalam satu hari. Nah disini anda bisa membuat blog yang hanya bisa diakses oleh orang yang telah terdaftar sebagai member. Dan untuk menjadi member, harus membayar puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Bagaimana? Oke kan??


4. Menawarkan Produk

Menjual produk melalui blog, baik itu produk jasa atau benda. Produk yang ditawarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain dengan metode Dropshiping atau sebagai resseler.

Ini tidak jauh berbeda dibanding dengan mencari penghasilan dari affiliasi, tapi dengan menawarkan produk maka pemilik Blog akan lebih intens menjelaskan manfaat produk yang ditawarkan, harga barang, kapan pengirimannya, kemana transfernya, berapa hari nyampainya, kalau beli selusin dapat potongan berapa, kalau komplen barang kemana dan semua urusan jual-beli lainnya.

Kalau affiliasi, anda hanya perlu mereview produk lewat tulisan, lalu kalau ada yang minat bisa langsung ke TKP, tanya-tanya disana, transaksi disana kemudian Deal dan andapun dapat komisi.

Meskipun ribet, menawarkan produk secara mandiri lewat blog berpotensi memberi penghasilan yang lumayan apalagi jika produk tersebut adalah hasil karya anda seperti handicraft misalnya.


Itulah sebagian kecil dari sekian banyak metode menghasilkan uang dari blog yang banyak di lakoni para Blogger masa kini.

Pada akhirnya semua tetap butuh komitmen, harus konsisten dan tetap harus selalu berusaha sebagaimana halnya ketika menjalankan usaha di bidang lainnya. Semoga Bermanfaat.

Click to comment