Pilihan Genset MURAH untuk pemakaian di Rumah

Genset khususnya yang berharga murah untuk rumah menjadi barang yang dibutuhkan untuk mengatasi pemadaman bergilir yang mungkin saja datang tak kenal waktu.

Di daerah tertentu, pemadaman bergilir seperti ini lebih sering terjadi dan tanpa pemberitahuan sebelumnya hingga membuat semua pekerjaan yang membutuhkan pasokan listrik menjadi terbengkalai.

Bahkan istilah pemadaman bergilir pun sudah tidak relevan lagi karena persentase antara padam dan nyala, lebih banyak padamnya. Jadi seharusnya bisa diganti Penyalaan Bergilir.

Terlepas dari hal tersebut perlu upaya untuk mengatasi kondisi pasokan listrik yang kurang konsisten ini dengan mempertimbangkan untuk menggunakan genset pada rumah tinggal.

Untuk menghemat biaya, pilihan genset murah untuk penggunaan rumahan bisa menjadi pilihan. Meskipun murah bukan berarti harus murahan, karena telah banyak genset murah namun dengan kualitas yang sangat baik.

Untuk Genset murah dengan harga dibawah 1 juta, tentu saja tidak memiliki kemampuan beban yang besar. Genset portabel berharga murah tersebut umumnya berkekuatan sekitar 500-700 watt.

Berikut pilihan genset berharga murah dengan budget di bawah 1 juta yang bisa dijadikan pilihan untuk mensuplai listrik di saat-saat darurat.

1. Sawakami Genset Portable 750 Watt

Genset Portable dengan daya output maximum 220 Volt, 750 Watt (AC) dan daya rata-rata yang dihasilkan adalah 650 Watt (AC) dan mampu menghasilkan daya DC 12 Volt.

Genset Sawakami dijual seharga Rp. 989.000 di salah satu toko online terkenal ini menggunakan mesin 2-Tak berbahan bakar bensin dengan berat hanya 17Kg saja dan mampu beroperasi hingga 6 Jam nonstop.

genset murah


2. Genset Kallo 1000DC

Genset portable yang satu ini menggunakan mesin 2-Tak dengan bahan bakar sistem campur dimana bensin di campurkan langsung dengan oli pelumas khusus mesin 2-Tak dengan perbandingan 50:1.

Mampu menghasilkan daya 220 Volt 650 Watt, mesin genset ini memiliki berat 18 Kg dengan dimensi 385 x 315 x 330 mm.

Untuk menghidupkan mesin genset seharga Rp. 900ribu ini menggunakan mekanisme Recoil atau dengan menarik tali yang terhubung dengan poros engkol mesin.

genset murah


3. Haneda Gasoline Genset HD-1500F

Genset portabel murah dengan harga dibawah 1 juta selanjutnya adalah genset buatan Haneda. Ditawarkan dengan harga nyaris menyentuh angka 1 juta, Rp. 999ribu saja yang perlu di keluarkan untuk membawa pulang genset murah ini dari salah satu toko online bernama Lazada.

Genset Haneda HD-1500F mampu menghasilkan listrik hingga 830 watt dengan kapasitas tangki 2.6 liter dan bermesin bensin 2-Tak.

genset


Itulah pilihan genset murah yang bisa digunakan untuk menopang keperluan listrik rumah tangga dengan kebutuhan daya yang tidak terlalu besar.

Upayakan sebelum anda memilih genset murah untuk penggunaan di rumah, pastikan genset tersebut dapat benar-benar digunakan untuk menyalakan peralatan penting dirumah ketika darurat.

Peralatan seperti pompa air, rice cooker, atau bahkan kompor listrik perlu di perhitungkan wattagenya apakah mampu di topang oleh genset pilihan anda nantinya.

Pastikan juga anda bisa mengoperasikan genset tersebut nantinya. Salah satu yang perlu di perhatikan adalah sisem starter yang digunakan.

Genset berharga murah biasanya menggunakan mesin 2-Tak dengan sistem starter recoil, dimana pengoperasiannya adalah dengan menarik tali di sisi genset untuk memutar poros engkol di mesin.

Kemudian perlu diperhatikan juga ketika akan menhubungkan daya listrik dari genset ke instalasi listrik rumah. Karena tipe genset murah ini termasuk tipe portabel maka tentu sistemnya tidak menyatu dengan sistem instalasi kelistrikan pada rumah tangga.

Jadi perlu sedikit perhatian ketika akan menghubungkan aliran listrik dari genset ke instalasi listrik rumah.

Pastikan saklar power di meteran listrik telah di geser ke posisi OFF sebelum menghubungkan arus dari genset ke instalasi listrik rumah. Hal ini untuk mencegah genset mengalami kerusakan jikalau tiba-tiba listrik dari PLN kembali mengalir.

Karena genset murah biasanya tidak dilengkapi fitur auto Cut-Off yang dapat memutus arus dari genset ke insalasi listrik rumah secara otomatis ketika listrik PLN kembali menyala.

Semoga bisa dijadikan referensi bagi anda yang sedang ingin mencari genset berharga murah di toko mesin sekitar tempat tinggal anda. Semoga bermanfaat.

Click to comment