Bingung mau bisnis apa? Coba mulai dari Hobi

Terkadang kita suka bingung memulai suatu bisnis atau usaha. Mau bisnis apa yaa??

Mau coba usaha di bidang yang tidak terlalu dikuasai, perlu training dulu atau setidaknya harus melalui proses belajar.

Mau coba bisnis berdasarkan displin ilmu yang di tempuh semasa sekolah dulu, tapi kok sepertinya terlalu berat di modal dan prospeknya kurang menjanjikan untuk kondisi perkembangan dunia saat ini.

Konon dulu pernah kuliah di jurusan teknik aerodinamika pesawat ulang alik

Kalau begitu, kenapa tidak coba buka usaha berdasarkan hobi? Banyak orang sukses mambangun bisnis berdasakan hobi mereka. Ada yang sukses karena hobi musik, ada yang sukses dari hobi masak dan lain-lain.

Jadi, Hobi apa sajakah yang bisa berujung menjadi bisnis yang menghasilkan?

1. Hobi Masak

Hobi masak tidak jauh-jauh dari bisnis kuliner, jika anda tidak memiliki tempat untuk membuka usaha berupa warung, café atau semacamnya, anda bisa menawarkan menu masakan anda melalui media sosial seperti Facebook dan tawarkan layanan pesan antar gratis untuk pelanggan yang berada di area yang dekat dengan anda.

usaha dari hobi masak


2. Hobi Foto

Senang fotografi jepret sana - jepret sini?

Hobi fotografi bisa menjadi sumber penghasilan, anda bisa menawarkan hasil foto anda ke berbagai website penyedia foto seperti istockphoto.com, shutterstock.com, depositphotos.com dan masih banyak lagi.

Nanti anda akan mendapatkan royalti dari setiap foto anda yang didownload.

Selain menawarkannya di media online, anda pun bisa mencoba menawarkan foto anda ke media cetak tapi memang kemungkinan di terimanya agak kecil karena media cetak pun memiliki fotografer sendiri. Yaa tapi gak ada salahnya di coba biar, berasa seperti Peter Parker si manusia Laba-laba :).

bisnis dari hobi foto


3. Hobi Eksis

Hobi eksis di sosial media seperti Instagram bisa kemudian menjadi bisnis endorse yang berpotensi menghasilkan puluhan juta.

Jika anda memiliki foto menarik yang di unggah ke instagram beserta caption-caption sensasional yang menginspirasi dan mengundang jutaan followers, anda bisa menjadi endorser bagi orang lain atau perusahaan yang ingin mempromosikan produknya di akun IG anda.


4. Hobi Kerajinan Tangan

Hobi buat boneka dari kaos kaki atau bikin aneka hiasan dari barang bekas, mungkin hobi anda ini bisa di komersilkan dengan menjual hasil karya anda keseluruh dunia.

Jaman serba canggih sekarang ini, tidak sulit jika ingin memperkenalkan atau menawarkan produk buatan tangan ke seluruh dunia.

Tapi kalau menurut anda Austria masih teralalu jauh, target pasar lokal pun masih cukup potensial untuk memasarkan produk hasil kerajinan tangan anda.


5. Hobi Bercocok Tanam

Hasil tanaman tidak hanya berupa buah, bisa juga berupa tanaman hias, atau bibit tanaman varietas unggul yang mungkin bisa di tanam di lahan terbatas.

Karena jika anda menjadikan hobi bercocok tanam sebagai bisnis dan bibit tanaman sebagai salah satu komoditasnya maka anda harus bisa mengakomodasi para pemilik rumah yang memiliki lahan terbatas namun ingin memiliki tanaman yang bisa berbuah tapi tidak tumbuh terlalu tinggi atau tanaman yang sekaligus bisa berfungsi sebagai hiasan.

Dari sini mungkin anda bisa menawarkan sepaket peralatan tanam sistem hidroponik kepada pelanggan.


Itulah 5 hobi dari sekian banyak Hobi yang bisa dijadikan awal mulai memulai sebuah bisnis. Jadi, jika anda merasa bingung mau usaha apa, coba mulai dari hobi yang anda senangi. Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Bingung mau bisnis apa? Coba mulai dari Hobi"

Posting Komentar