Kelebihan dan kekurangan menggunakan Dinding Kaca sebagai sekat ruangan rumah

Perkembangan desain rumah semakin dinamis dan bervariasi. Penggabungan nuansa alam dan rumah meminimalisir sekat penghalang dengan memanfaatkan media kaca semakin banyak di jumpai pada rumah-rumah modern.

Penggunaan kaca sebagai pengganti tembok membawa sisi positif dan negatif yang harus menjadi bahan pertimbangan ketika ingin menerapkannya.

Kelebihan menggunakan dinding Kaca

Hemat listrik

Cahaya dari luar rumah lebih mudah masuk, khususnya pada siang hari, oleh karena itu penggunaan energi listrik bisa lebih di kurangi terkait wattage nya dan durasinya.

Pada ruangan yang di sekat dengan dinding, maka di beberapa ruang mungkin akan butuh penerangan lebih cepat bahakan sebelum matahari terbenam.

Sehingga durasi nyala lampu lebih lama dan watt lebih besar.


Ruangan lebih luas

Dengan menerapkan sekat kaca berukuran besar antar ruangan maka ruangan akan terasa lebih luas dan lapang.

Apalagi jika rumah sudah menerapkan dinding kaca berukuran besar yang menjadi sekat antara interior dan eksterior, maka rumah akan terasa seakan tanpa batas.


Modern

Kesan modern langsung terasa begitu melihat rumah yang menggunakan kaca berukuran lebar sebagai pengganti dinding ataupun sebagai jendela.

Karena penggunaan kaca berukuran lebar, identik dengan rumah-rumah modern masa kini.

jendela kaca lebar


Kekurangan menggunakan dinding Kaca

Perawatan

Khususnya soal kebersihan, perlu effort yang besar untuk membersihkan kaca di kedua sisinya.

Untungnya sekarang teknologi sudah canggih jadi kita bisa memanfaatkan tenaga robot untuk membersihkan kaca, tapi tetap saja biaya perawatannya lebih tinggi di banding dinding beton.


Mahal

Ketebalan kaca sangat perlu menjadi perhatian ketika memutuskan menggunakan bahan kaca sebagai sekat antar ruang atau dinding pengganti bata.

Pemasangan kaca berukuran lebar harus di imbangi dengan ketebalan yang sesuai agar dinding kaca bisa tahan terhadap guncangan, cuaca, dan tiupan angin.

Kaca untuk dinding biasanya berjenis Tempereed Glass, dan kaca untuk keperluan ini lumayan mahal serta harus di pasang oleh tenaga ahli yang benar-benar paham dan berpengalaman dalam pemasangan sekat berbahan kaca untuk rumah tinggal.


Panas

Saat cuaca sangat terik, rumah berdinding kaca akan menerima panas yang berlebihan dan jika anda bekerja dalam ruangan tersebut maka akan terasa kurang nyaman, tapi ini bisa diatasi dengan menggunakan tirai, menggunakan kaca riben atau penambahan AC bila perlu.

Tapi jika menggunakan AC maka akan menjadi kontras dengan penghematan listrik yang dihasilkan dari berkurangnya penggunaan lampu.

Click to comment