Macam-macam pilihan pintu kamar mandi

Pintu kamar mandi selain sebagai penutup area privasi juga harus bisa melindungi serta mencegah pencampuran aroma dengan ruang di sekitarnya.

Karena pada rumah-rumah di Negara kita masih banyak yang menggabungkan fungsi kamar mandi dan kakus.

Sehingga pintu sangat penting dan di harapakan memiliki kemampuan mencegah aroma tak sedap menyusup keluar saat sedang “beroperasi”.

Pilihan pintu kamar mandi sekarang banyak macamnya, dan juga memiliki rentang harga yang beragam.

Berikut ini Macam-macam pilihan pintu kamar mandi yang umum di gunakan pada rumah tinggal.

Pintu Kayu

Pintu kayu masih banyak di minati pemilik rumah untuk dijadikan pintu kamar mandi. Meskipun pintu kayu rawan lapuk jika terkena air terus menerus, tapi dengan pemasangan yang tepat maka pintu kayu dapat bertahan lama.

Pintu kayu bisa di gunakan sebagai pintu kamar mandi jika kamar mandi berukuran cukup luas, sehingga air tidak terlalu banyak mengenai daun pintu.

Selain ukuran luas, posisi pintu juga bisa menentukan daya tahan pintu, misalnya posisi pintu yang agak jauh dari posisi mandi dan titik fokus dari kamar mandi.

Lapisan dan bahan kayu pembuat pintu bisa sangat mempengaruhi daya tahan pintu terhadap kelembapan dan air.

Dari sekian banyak Macam-macam pilihan pintu kamar mandi, pintu kayu yang paling banyak di gunakan hingga sekarang.


Pintu Almunium

Pintu jenis ini biasanya memiliki banyak pilihan desain pintu dengan gambar-gambar menarik.

Pintu Almunium memang relatif tahan terhadap air dan kelembapan. Meskipun juga tahan terhadap korosi tapi di bagian tertentu seperti pada lipatan sudut pintu, lubang paku keling dan engsel bisa sangat ringkih dan rawan penyok.

Macam-macam pilihan pintu kamar mandi

Pintu PVC

Pintu PVC sangat populer digunakan pada rumah BTN type 36 program Pemerintah untuk pengadaan rumah bagi yang berpenghasilan di bawah 5 juta.

Bahan PVC memang terkenal sangat tahan terhadap air dan juga korosif dan tentu saja udara lembab dan yang terpenting, murah.

Pintu jenis ini sangat cocok digunakan jika penghuni rumah yang menggunakan kamar mandi tersebut tidak terlalu banyak. Misalnya kamar mandi yang ada di kamar utama yang hanya di pakai oleh dua orang saja.

Karena semakin banyak yang pakai, semakin sering pintu di buka tutup maka pintu jenis ini akan mudah rusak khususnya pada bagian engsel, dan gagang pintu.

Untuk membuatnya tahan lama bisa di tambahkan engsel yang lebih kuat dan pada gagang pintu bisa di tambahkan dudukan kayu yang diselipkan diantara kedua sisi lembaran pintu agar lebih kuat.


Pintu uPVC

uPVC merupakan bahan turunan dari plastik yang di klaim antikarat, anti air kuat dan kokoh sehingga mampu bertahan lebih lama di banding PVC.

Pintu kamar mandi berbahan uPVC tidak memerlukan perlakuan dan perawatan khusus selama penggunaan sehingga bisa menghemat biaya perawatan.

Meskipun memang harga pintu kamar mandi berbahan uPVC relatif mahal tapi menimbang kekuatan dan daya tahannya seprtinya harganya masih cukup wajar.


Pintu Kaca

Pintu kamar mandi jenis kaca banyak di gunakan pada rumah-rumah bertema modern. Pintu kaca lebih tahan terhadap air sehingga tidak ada ceritanya akan lapuk apalagi berkarat.

Tapi pintu kaca tak lepas dari masalah jamur yang bisa mengganggu penampilannya. Dan ketika terjadi retakan di salah satu bagian kaca, maka akan sulit untuk memperbaikinya.

Pintu kamar mandi berbahan kaca bisa anda jadikan pilihan untuk kamar mandi yang ada di dalam kamar Utama.


Itulah Macam-macam pilihan pintu kamar mandi yang perlu di pertimbangkan baik-baik agar awet dan tidak mudah rusak.

Click to comment