Usaha ATK, Peluang Bisnis yang tak pernah sepi

Bisnis pengadaan Alat Tulis dan Kantor terlihat cukup menjanjikan karena hingga saat ini kalangan akademisi dan perkantoran masih membutuhkan aneka kertas dan alat tulis untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari.

Di lain sisi usaha ini sudah sangat menjamur, lihat saja di area sekitar kampus atau area perkantoran yang menjadi pusat market usaha ATK ini.

Disetiap sudut kampus sudah tersedia berbagai kios yang menyediakan perlengkapan Alat Tulis beserta mesin Foto Copy-nya.

Persaingannya memang cukup ketat, tapi itu menandakan marketnya masih sangat besar dan peluangnya tetap ada.

Coba perhatikan momen-momen saat mendekati masa ujian atau Tahun Ajaran Baru, maka bisnis ini akan panen, mulai dari fotocopy tugas, keplek untuk kartu ujian, Fotocopy buku paket dan lain sebagainya.

Tempat Fotocopy-an yang sekaligus menyediakan ATK akan antri, jika sampai antri artinya marketnya masih sangat besar dan peluang masih terbuka lebar untuk masuk ke segmen tersebut.

Penyediaan ATK dekat dengan kampus, sekolah atau perkantoran umumnya di lengkapi dengan mesin Fotocopy.

Memang butuh modal lebih besar untuk pengadaan mesin fotocopy tapi bisa disiasati dengan menggunakan Printer sekelas Canon MP237, Brother T300, Brother DCP-1601 atau semacamnya yang bisa berfungsi sebagai alat fotocopy tanpa harus terkoneksi dengan komputer/laptop.

Untuk meningkatkan penjualan, anda bisa melakukan sedikit trik sederhana agar konsumen yang datang ke tempat anda berubah menjadi pelanggan setia.

Beri sedikit Diskon kepada pelanggan anda yang potensial dan yang berhak. Misalkan jika yang berbelanja adalah seorang Guru atau seorang pegawai Tata Usaha berikan mereka harga sedikit lebih murah.

Karena mereka ini bisa menjadi pelanggan tetap, disamping itu dengan memberi harga sedikit lebih murah, mereka mendapat sedikit selisih yang bisa di manfaatkan untuk sekedar uang bensin.

Anak sekolah dan Mahasiswa perlu juga bisa di beri Diskon sekali-kali, karena mereka inilah target pasar potensial dari usaha penjualan ATK.

Setidaknya kita juga bisa membantu kelancaran study mereka meskipun hanya seperak dua perak, dan semoga itu bisa menjadi sumber amal jariyah kita kelak, atau sebagai pembuka sumber rejeki lain yang tak disangka-sangka.

Karena orang yang sedang menjalankan study, termasuk sebagai pejuang demi Agama, Nusa dan Bangsa.

Usaha ATK, Peluang Bisnis yang tak pernah sepi

Untuk meningkatkan penghasilan dari usaha ATK, anda bisa mencoba menjalin kerja sama dengan pihak Kampus, Sekolah atau Instansi Pemerintah untuk menawarkan menjadi suplier ATK atau memberi jasa layanan foto-copy dengan harga khusus.

Bsnis ATK (Alat Tulis Kantor) termasuk salah satu usaha yang terkena dampak perkembangan teknologi.

Sebut saja seperti pensil yang biasa digunakan saat Ujian Akhir. Dulu pensil 2B menjadi barang incaran saat menjelang masa Ujian tiba.

Kemudian era komputerisasi pun hadir untuk mempermudah dan mempercepat proses pengawasan dan penilaian.

Akhirnya pensil 2B pun tidak setenar saat lembar jawaban harus dilingkari bulat-bulat berwarna hitam legam menggunakan pensil 2B.

Namun Usaha ATK adalah salah satu Peluang bisnis yang tak pernah sepi peminat selama anak Sekolah masih membutuhkan alat tulis seperti pensil, buku, penghapus penggaris dan sebagainya.

Click to comment